W A R N A dalam fotografi

warna selalu memberi kesan . Setiap individu memiliki kesan berbeda terhadap warna . Sebab , warna sangat merespons mata dan merangsang rasa . Pilihan warna dalam foto memberi pengaruh langsung terhadap perspektif penikmatnya .

Warna juga menjadi simbol serta identifikasi terhadap sesuatu . Warna sangat berkorespondensi dengan elemen bentuk maupun cahaya . Karena itu , warna menjadi salah satu elemen penting dalam fotografi . Foto-foto piktorial lebih cenderung menekankan warna agar terlihat eye-catching .

Warna dalam fotografi dibagi menjadi 3 macam :
  • warna fisik atau cahaya
  • warna kimiawi
  • warna psikis
Warna cahaya merupakan warna dari gelombang elektromagnetik yang dipancarkan sumber cahaya .
Warna sebagai bagian dari spektrum cahaya terdiri atas bermacam panjang gelombang . Masing-masing panjang gelombang memberi warna yang berbeda . Hanya sebagian kecil spektrum cahaya di alam ini yang bisa ditangkap oleh medium mata. Spektrum cahaya yang tampak oleh mata berkisar 400 nm - 700 nm .

Diantara sejumlah warna dalam spektrum yang tampak, terdapat 3 warna sebagai warna dasar . Disebut warna dasar karena warna itulah yang membentuk warna-warna lain dalam kombinasinya .

Warna triple tersebut terdiri atas red , green , dan blue atau dikenal dengan istilah warna RGB . Hasil kamera foto digital yang kita gunakan merupakan perpaduan filter warna RGB yang ditempatkan di permukaan sensor . Warna-warna RGB dalam susunan mozaik di atas photsite tersebut menjadikan foto digital berwarna .

Warna kimiawi merupakan warna yang sudah ada pada benda . Warna materi adalah warna pigmen yang dimiliki sebuah benda dan memberi karakteristik warna yang berbeda dari warna cahaya . Pigmentasi pada benda tidak menghasilkan cahaya , melainkan bergantung sumber cahaya sekitarnya yang menerangi agar terlihat mata .

Warna psikis merupakan representasi elemen warna dalam foto yang memberi pengaruh psikologis dalam diri seseorang . Warna menjadi simbol yang digunakan untuk menginterpretasikan makna . Selain memberi deskripsi suasana yang berhubungan dengan rasa, warna juga memberi keindahan , menarik perhatian , serta berperan penting dalam penyampaian pesan .
Keagungan , kemewahan , kesejukan , kesedihan , maupun kegembiraan adalah gambaran terbatas terhadap kesan yang ditampilkan warna . Karena itu , warna hangat (warm color) dan warna dingin (cool color) termasuk warna psikis .
  •  cool color merupakan warna yang memberikan kesan kesejukan , kedamaian , dan ketenangan . Misalnya : biru , hijau , dan ungu .
  • warm color berhubungan dengan matahari yang bersinar saat pagi . Warna yang muncul , antara lain , merah , magenta , orange , dan kuning yang memberi kesan kehangatan .